pertanian-umsu

 

Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP melepas sebanyak 527 mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan Tahun 2015 untuk mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL). Mahasiswa akan dibagi 106 kelompok dan akan melakukan praktik ke 96 perusahaan perkebunan selama 1 bulan, Rabu (3/1/2018)

Adapun tujuan dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah :

  1. Memperluas dan menambah wawasan, menumbuh kembangkan pengetahuan dan menetapkan keterampilan serta profesionalisme, sehingga terbentuk suatu pola pikir yang komprehensif demi menunjang kemampuan mahasiswa untuk bekal memasuki dunia kerja khususnya dibidang Agroekoteknologi.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung menjalani pengalaman awal dan bersosialisasi dalam suasana lingkungan kerja yang sesungguhnya (nyata), baik perannya sebagai pekerja (employee) mampu sebagai manager dalam penyelenggaraan suatu bisnis perkebunan.
  3. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi Strata 1 (S1) di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
  4. Mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan.
  5. Mempelajari berbagai aspek budidaya yang ada ditempat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

 

Adapun manfaat Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah :

  1. Membuka cakrawala berpikir dan wawasan yang luas bagi mahasiswa.
  2. Mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja yang nyata.
  3. Melatih disiplin dan tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan tugas.
  4. Mengumpulkan data yang relevan untuk kepentingan mahasiswa, fakultas, masyarakat dan berbagai pihak dalam rangka penambah khasanah ilmu pengetahuan.
  5. Membiasakan mahasiswa dalam kondisi lingkungan kerja dibidang pertanian.

Menumbuhkan dan memantapkan sikap profesional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang kemampuan yang dimilikinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *