peserta-sekolah-lapangan himagrimangrove

Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Sekolah Lapangan pada 12 April 2017 ke Koperasi Rahmat Tani, Desa PIR AD, Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. kegiatan ini juga sekaligus praktikum dari mata Kuliyah Manajemen Koperasi. Kegiatan ini di ikuti lebih dari 250 mahasiswa baik peserta dan panitia yang keseluruhan merupakan Mahasiswa Agribisnis, serta di dampingi oleh dosen pengampu Mata Kuliah Manajemen Ksekolah-lapanganoperasi yaitu bapak Dr.Ir.Mhd Buchori Sibuea,M.Si dan Bapak Syahri Syawal. Kegiatan tersebut diterima dengan senang hati oleh Pihak Koperasi Unit Desa Rahmat Tani yang sekaligus memberikan materi mengenai perjalanan dan perkembangan Koperasi Rahmat Tani (RATA).

            Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempelajari langsung di lapangan bagaimana menjalankan sebuah koperasi, dan membandingkan dari materi yang diberikan di perkuliahan dengan keadaan di lapangan sehingga mahasiswa lebih memahami teknis langsung pendirian dan pengoperasian koperasi serta nantinya para mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmunya setelah sarjanah khususnya dalam mendirikan dan menjalankan Koperasi Desa dan dari sinilah peran mahasiswa sebagai Agent Of Change untuk pembangunan Nasional.

            Selain di Koperasi Rahmat Tani, kegiatan juga di lanjutkan field trip ke Hutan Mangrove yang di kelola oleh Kelompok Tani Mekar di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat. Di lokasi tersebut mahasiswa diberi pengenalan bagaimana mengelola kelompok tani dari Hutan Mangrove, serta manfaat mangrove bagi kehidupan. [HIMAGRI UMSU]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *