kunjungan-fildtripSebanyak 111 orang mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, Kamis (7/5) melakukan kunjungan lapangan ke Kebun Percobaan Tanaman Sayuran, Desa Tongkoh Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo Provinsi Sumatera Utara.

Kunjungan lapangan mahasiswa Faperta UMSU ke Kebun Percobaan Tanaman Sayuran di kota turis Berastagi itu untuk melihat proses penelitian tentang tanaman sayuran yang dikelola Kementerian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang memiliki wilayah kerja Sumatera.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan di Balai Penelitian Tanaman Sayuran itu, para mahasiswa Faperta UMSU yang dipimpin Wakil Dekan III Faperta UMSU, Hadriman Khair, SP, M.Sc disambut Tata Usaha Kebun Percobaan Tanaman Sayur, Tongkoh, Renelson Sinaga berserta para peneliti di kebun percobaan itu.

Renelson Sinaga dalam sambutannya mengatakan kunjungan lapangan mahasiswa Faperta UMSU ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran satu langkah maju karena Balai Tanaman Sayuran itu memiliki fungsi strategis dalam pengembangan tanaman hortikultura.

Dijelaskannya balai yang luasnya 29 hektar itu berada pada ketinggian 1300 meter dari permukaan laut (dpl) melakukan berbagai percobaan tentang tanaman sayuran untuk menjawab permintaan perkembangan tanaman sayuran di Sumatera.

Diharapkannya kepada para mahasiswa Faperta UMSU untuk dapat melihat, bertanya kepada para peneliti di Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang mendampingi para mahasiswa yang sehari-harinya terus melakukan penelitian, “Mereka itu, Agustina E Br.Marpaung, SP, Rasiska Tarigan, SP dan Fatiani Manik, SP,” kata Renelson Sinaga memperkenalkan.

Sementara itu Wakil Dekan III Faperta UMSU, Hadriman Khair, SP, M.Sc dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas diberikan kesempatan kepada para mahasiswa Faperta UMSU dari Agribisnis untuk melihat langsung proses penelitian dan hasil hasil penelitian tanaman sayuran yang dilakukan.

“Para mahasiswa ingin mengetahui secara langsung tentang proses penelitian dan hasil hasil penelitian tanaman hortikultura sebagai penyempurna ilmu yang diperoleh dari para dosen di ruang kuliah,” kata Hadriman Khair, SP, M.Sc.

Dijelaskannya para mahasiswa yang melakukan kunjungan lapangan ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran didampingi para dosen pendamping Ir. Risnawati MM, Irfandi, SPd.M.Si, M. Syahril Lubis, SP,MP, Ir. Fadmin Malau, pegawai Fakultas Pertanian UMSU, Widarsih, M. Al Qamari dan lainnya.

Sebelum melakukan kunjungan Wakil Dekan III Faperta UMSU, Hadriman Khair, SP, M.Sc atas nama Dekan Fakultas Pertanian UMSU, Ir. Alridiwirsah, MM menyerahkan plakat Faperta UMSU sebagai Cenderamata yang diterima seorang peneliti Agustina E Br. Marpaung, SP. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *