dosen-faperta-umsu-gelar-pengabdian-masyarakat-179616-1Dosen Fakultas Pertanian (Fapert) UM­SU yang terga­bung dalam tim pengab­dian masyarakat menggelar pe­ngabdian masya­rakat di ke­lompok ternak Podo Ru­kun dan kelompok ter­nak Tu­nas Harapan Desa Tim­bang Deli Kecamatan Galang Ka­bu­paten Deli­ser­dang, Rabu (14/10).

Kegiatan pengabdian ma­syarakat Fakul­tas Perta­nian yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Per­guruan Tinggi itu bertema “ Pembuatan Yoghurt dari Susu Sapi Skala Rumah Tangga” diketuai  Khai­run­nisa Rang­kuti, SP, MSi dengan anggota 1, Dr Ir Desi Ardilla MSi, an­g­gota 2, Mu­hammad T­ha­m­­rin, SP, MSi.

Pelaksanaan kegiatan ini juga dibantu oleh dosen Fa­perta UMSU di antaranya Dr M Said Siregar, SSi. MSi, Masyhura MD SP. MSi dan Farida Hariani, SP., M.P.

Menurut Mhd Thamrin pelaksanaan pe­ngab­dian ma­syarakat oleh tim dosen Fa­perta Universitas Muha­m­madiyah Sumatera Utara (UM­SU) ini kepada “Ana­lisa”  meru­pakan peng­amalan ilmu pengetahuan, tek­nologi, bahkan seni bu­daya yang lang­sung kepa­da masyarakat baik secara ke­lembagaan mau­­­pun perorangan secara me­­todologi ilmiah.

Hibah Internal UMSU

Selain itu jelas sebagai ba­gian dari pe­nyebaran dari Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha meng­em­bangkan kemampuan masya­rakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat Faperta UMSU ini juga merupakan kegiatan dari Hibah Internal (Pene­litian, Pengabdian) & Teaching Grant Batch II Tahun 2015 yang didanai oleh UMSU.

Sejalan dengan itu ke­giatan pembuatan yoghurt ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan  dari susu sapi yang selama ini hanya dijual oleh para peternak sapi dalam bentuk susu murni.

Khairunnisa dalam pema­pa­rannya ten­tang aspek pe­ma­saran yoghurt pada saat pe­latihan pembuatan yoghurt mengatakan jika masyarakat dapat membuat yoghurt maka harus dapat menjualnya dan hasil pen­jualannya dapat menambah penda­pa­tan k­eluarga. “Pakai nama “Yotili” saja sing­katan dari Yoghurt Timbang Deli,”ka­ta Nisa.

Dr Desi Ardilla meng­ungkapkan yoghurt meru­pakan minuman sehat yang mudah sekali pembuatannya dan produk ini tidak hanya disukai anak-anak, tetapi orang dewa­sa juga menyenangi  maka dari seka­rang  berikan minuman sehat untuk ke­lu­arga kita.

Hendrik yang mewakili kelompok ternak Podo Ru­kun dan kelompok ternak Tu­nas Harapan mengatakan dalam sambutan me­nyam­paikan terima kasih atas keha­diran tim dosen Fakultas Per­ta­nian UMSU ke ke­lom­pok mereka.

Informasi yang diperoleh menambah pengetahuan berharga terutama mengenai pemanfaatan susu sapi. Ke depan, kelom­poknya tidak ha­nya menjual dalam bentuk susu murni tetapi dapat membuat serta menjual da­lam bentuk olahan ber­bahan baku susu lainnya.

Dia juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut ke produk – produk lainnya. (sumber Analisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *