penyuluhan pohon-aren mahasiswa-agribisnis jajar-legowo-2-1

[HIMAGRI NEWS, 11/24/2016], Kali kedua Himpunan Mahasiswa Agribisnis FP UMSU melaksanakan Kegiatan Bakti Tani, dan kali ini Bakti Tani dilaksanakan di Kec.kutalimbaru Kab. Deli Serdang 19-20 November dengan tema : Bakti Tani Sebagai Wujud Nyata Kesadaran Pembangunan Pertanian Indonesi.

Pada kesempatan kali ini berbagai macam agenda kegiatan dirancang sedemikian rupa diantaranya Penyuluhan Pertanian, dilanjutkan dengan Masa Perkenalan Jurusan, Malam Keakraban, Penanaman padi sawah sistem Legowo dan terakhir penanaman pohon aren.

Pembukaan acara ini di buka oleh Bapak Camat Kutalimbaru. Penyuluhan pertanian ini membuka pola pikir warga setempat tentang teknologi penanam padi yang lebih maju yang di sampaikan oleh ketua jurusan Agribisnis FP UMSU Bapak M.Thamrin S.P.,M.Si selaku ketua jurusan Agribisnis FP UMSU dan di lanjutkan oleh Bapak Riswan Saputra S.P selaku penyuluh pertanian.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, pada tanggal 19 November 2016 diadakan penyuluhan pertanian kepada warga di desa sukamakmur dusun 4 kec.Kutalimbaru yang di hadiri oleh Bapak Camat, Kades, penyuluh pertanian, kajur dan para dosen dari FP UMSU, Mahasiswa Agribisnis FP UMSU, kelompok tani dan warga setempat. Kegiatan penyuluhan ini di ikuti dengan antusias oleh masayarakat desa Sukamakmur. Pada penyuluhan ini dijelaskan bagaimana tata cara tanam padi sawah dan kampanye tertib tanam agar produktivitas meningkat.

Kemudian keesokan harinya dilakukan penanaman padi sawah oleh mahasiswa Agribisnis FP UMSU yang di pandu oleh bapak Riswan. Penenaman padi sawah ini sebagai pengenalan kepada mahasiswa tentang tata cara pertanaman yang di dapat di mata kuliah. Sistim tanam padi yang dilaksanakan adalah jajar legowo 2:1, terlihat Para peserta sangat antusias dalam kegiatan penananam padi sawah tersebut. setelah menanam padi sawah dilanjutkan dengan penanaman pohon aren di kawasan hutan lindung. ada sekitar 50 pohon di yang di tanam oleh mahasiswa Agribisnis FP UMSU. Kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai bentuk kampanye nasional akan pentingnya pohon bagi kehidupan manusia yang juga sekaligus peringatan hari pohon sedunia 21 November. Pohon aren merupakan potensi lokal dari desa sukamakmur dimana di sekitar desa tersebut juga terdapat industri pengolahan gula semut yang berbahan dasar air aren.

Warga Desa Suka Makmur Mengharapkan Kegiatan-Kegiatan seperti ini terus berlanjut khususnya di desa suka makmur. “Saya berharap dengan kegiatan Bakti Tani ini warga desa Suka Makmur dapat meningkatkan produksi pertaniannya khususnya komoditi padi sawah, yang merupakan bahan pangan yang dominan dipergunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Saat saya melihat akses yang kurang memadai untuk menunjang produksi pertanian desa suka makmur, dan saya berharap kepada pemerintah agar dapat memperbaiki akses jalan di kecamatan kutalimbaru” Ujar Ketua Umum HIMGARI FP UMSU (Faisal Sofianza). (HIMAGRI UMSU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *